Selasa, 27 Desember 2011

Perfect Chemistry

Judul : Perfect Chemistry
Penulis : Simone Elkeles
Halaman : 451
Penerbit : Terakota
Tahun : 2011


Perfect chemistry waktu itu sempat booming di GR, banyak teman-teman #BBI yang baca dan ngasih rating bagus sama buku ini. Apa yang spesial dari perfect chemistry? Bukannya cerita cinta dimana-mana sama aja? Well, sempat skeptis juga sih waktu baca sinopsisnya. Cowok-miskin-bandel yang jatuh cinta sama cewek-cantik-populer-kaya. Ah, paling-paling jadi kayak sinetron-sinetron kacangan.

Saat membaca halaman awal, saya mulai tertarik dengan gaya bercerita yang digunakan oleh Elkeles. Soalnya jarak antar bab tidak terlalu banyak, dan saya tipe orang yang cepat bosan kalau dalam satu bab terlalu banyak halamannya. Selain itu, setiap bab diceritakan secara bergantian. Jadi ada bab Brittany, terus ada bab Alex, dan seterusnya. Itulah menurut saya yang jadi kekuatan di perfect chemistry.

Perbedaan latar belakang ekonomi dan budaya menimbulkan gesekan di SMA tempat Alex dan Brittany bersekolah. Alex yang anggota geng seringkali memandang Brittany sebelah mata, begitu pula sebaliknya.  Sampai akhirnya mereka menjadi partner dalam sebuah proyek Kimia. Benih-benih cinta mulai muncul, namun mereka tidak mau mengakuinya. 

Sama seperti buku-buku YA lainnya, banyak adegan 'panas' maupun kata-kata 'jorok' yang muncul. Cerita dari sudut pandang Alex penuh dengan fantasi porno --" pantesan dibelakang bukunya tertulis '18+' =P Tapi overall menarik kok, kasih sayang Brittany terhadap kakaknya yang mengalami gangguan mental cukup mengharukan.

4 komentar:

  1. yang nulis cowok? BBI singkatan apa May?

    BalasHapus
  2. BBI = blog buku indonesia =)
    eh salah, yang nulis cewek ternyata. aku pikir simone itu nama cewek ==" ralat dulu deh :)

    BalasHapus
  3. wahh iya, dulu sempet ikutan kuisnya tp nggak menang. kayanya cukup seru untuk ukuran buku teenlit ya...

    BalasHapus
  4. Iya, untuk karakternya aku suka bgt sama Alex. Hehe.. Tapi reviewku ttg novel ini malah salah satu review yg menyatakan ketidakpuasan :P

    Makasih ya sudah ikutan kontesnya :)

    BalasHapus