Sabtu, 03 Desember 2011

Hunger Games

Judul : Hunger Games
Penulis : Suzanne Collins
Halaman : 408
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2009



Entah kenapa, sewaktu membaca Hunger Games ini, yang terlintas dipikiranku adalah 'sabung ayam'. Yah kalau dipikir-pikir memang mirip sih, tetapi perbedaan hunger games dengan sabung ayam adalah : jika sabung ayam, kita mengadu ayam kita dengan ayam milik orang lain untuk mengetahui ayam mana yang lebih hebat, maka yang diadu di hunger games adalah... MANUSIA!

Sebuah negara bernama Panem, mempunyai ibukota yaitu Capitol. Nah, untuk memperingati pemberontakan yang dilakukan oleh penduduk di 12 distrik terhadap Capitol, maka diadakanlah hunger games. Setiap tahun, satu orang anak laki-laki dan satu orang perempuan dari distrik 1 hingga 12 yang berumur 12 tahun atau lebih wajib mengikuti hunger games. Dimana mereka nantinya akan ditempatkan disebuah area pertarungan agar saling membunuh hingga pada akhirnya hanya ditemukan satu orang pemenang. Pertarungan ini akan disiarkan secara detail oleh stasiun televisi sehingga masyarakat akan mengetahui seperti apa keadaan yang dihadapi oleh masing-masing peserta.

Katniss dan Peeta mewakili distrik 12. Katniss merupakan seorang perempuan yang pandai berburu, ia mempunyai adik bernama Prim. Sebenarnya Prim yang harus ikut hunger games, tetapi Katniss menggantikannya karena ia sangat menyayangi adiknya tersebut. Sedangkan Peeta adalah anak seorang tukang roti yang diam-diam menaruh hati pada Katniss.

Sungguh pertarungan yang mendebarkan, karena kita akan menantikan siapa yang selanjutnya akan terbunuh, atau siapa yang akan bertahan sampai akhir. Tentu saja kita berharap kejadian ini tidak pernah terjadi didunia nyata, karena akan sangat mengerikan.

Setelah hunger games, akan ada lagi seri yang kedua yaitu catching fire dan mocking jay. Semoga bintang 5 yang saya kasih buat hunger games tidak turun di dua buku selanjutnya ^o^

8 komentar:

  1. buku ini keren, meskipun cuma dapat 4 bintang dariku. Buku selanjutnya ngga kalah keren kok! tinggal nunggu yang nomor 3 aja yang terjemahan terbit tahun 2012 :p

    BalasHapus
  2. filmnya juga akan rilis kan mbak? :)

    BalasHapus
  3. setahuku ini ada filmnya
    tapi di tahun 2012 nanti
    aku pernah lihat di YouTube teasernya

    BalasHapus
  4. haduh, makin pengen segera baca bukunya; sayangnya buku dan saya terpisah dalam jarak yang cukup jauh #eaaa

    BalasHapus
  5. "Semoga bintang 5 yang saya kasih buat hunger games tidak turun di dua buku selanjutnya ^o^"

    Well, you won't. Coz it will just gonna be more interesting! :D

    BalasHapus
  6. kayaknya pertandingan semacam ini, udah pernah ada dibeberapa film tentang kerajaan ama perebutan kekuasaan gitu-tapi biasanya yang bertanding cowok sih. Cukup tegang nih, kalau ada ceweknya-nggak sabar nonton kalau sampe difilmkan

    BalasHapus
  7. Nah, ini dia nih, film-nya mau keluar. :D

    Lihat sini untuk lihat trailer-nya. ;)

    BalasHapus
  8. Tahu tentang Hunger Games dari lagunya Taylor Swift, yang judulnya Safe and Sound. Soundtrack untuk film ini! ;)

    BalasHapus